Home Home    .::.   Lowongan Kerja   .::.   Antam Akhiri Operasional Tambang Pasir Besi Kutuarjo    .::.   Harita Held Groundbreaking Ceremony Of Alumina Smelter In West Kalimantan    .::.   Group Bakrie Anjlok, Newmont Harus Diselamatkan   .::.   China Geser Amerika, Indonesia Masuk 5 Besar? Kamis , 26 Nov 2020   
CONTACT   US

Office & Workshop

Jl. Raya Cadas Kukun No. 18
Rt. 01 Rw 02 kutabaru Tangerang
Phone : +6221 59318293, +6221 59318121, +6221 5906415, +6221 93275564

Email : marketing@astateknik.com

              astateknik@gmail.com

WHAT'S   NEW
STATISTIK
WHAT'S NEW
Antam Akhiri Operasional Tambang Pasir Besi Kutuarjo
24-01-2014

TAMBANG, 23 Januari 2014 | 11.03
Antam Akhiri Operasional Tambang Pasir Besi Kutuarjo

Vicharius DJ
vichariusdianjiwa@gmail.com
vichariusdianjiwa@tambang.co.id

Jakarta-TAMBANG. Perusahaan tambang milik pemerintah PT Antam (Persero) Tbk mengumumkan bahwa kegiatan penambangan pasir besi di Kutoarjo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah telah berakhir.

Direktur Umum dan CSR Antam, I Made Surata mengatakan, penutupan tambang itu dilakukan setelah perusahaannya beroperasi lebih dari 25 tahun. Proses pengakhiran tambang di Kutoarjo sebagai bagian dari implementasi good mining practices.

“Hal ini juga merefleksikan komitmen kami untuk memberikan manfaat maksimal bagi seluruh pemangku kepentingan, sejak awal kegiatan operasi hingga proses penutupan tambang dan pasca kegiatan tambang berakhir,” kata Surata dalam siaran persnya (23/1).

Penambangan pasir besi di Kutoarjo yang dilakukan oleh Unit Pertambangan Pasir Besi (UPPB) Kutoarjo mulai berproduksi 1987, dan memasuki fase pasca-tambang pada 2007. Akan tetapi, pada November 2013 Antam mengakhiri kegiatan pasca-tambang sesuai persetujuan Pemerintah Daerah Kabupaten Purworejo.

Pada fase pasca-tambang Antam menjalankan berbagai program pasca-tambang, yang meliputi kegiatan reklamasi, revegetasi, serta Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai bagian dari pengelolaan lingkungan dan mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

Program-program tersebut dititikberatkan pada kegiatan-kegiatan, seperti peningkatan kapasitas petani dalam produksi pertanian, peternakan dan perikanan terpadu serta dalam pengelolaan kelompok usaha bersama dan lembaga keuangan mikro/koperasi.

Selain itu Antam melakukan pengembangan program pertanian terpadu menggunakan metode Low External Input Sustainable Agriculture melalui pemanfaatan limbah; pengembangan kelembagaan kelompok usaha bersama dan koperasi, serta percontohan integrated farming system di lahan pasir.

“Program-program tersebut merupakan salah satu upaya kami untuk terus mengembangkan perekonomian di wilayah Kutoarjo untuk menciptakan kesejahteraan yang berkelanjutan bagi masyarakat Kutoarjo,” tutup Surata.